Sabtu, 05 April 2014

RPP Kls 6



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                           : SD Negeri 32 OKU
Mata Pelajaran                : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester                : VI/2
Standar Kompetensi       : 6.          Mengartikan surah pendek pilihan
Kompetensi Dasar           : 6.1        Membaca QS Al Maidah ayat 3 dan Al Hujurat ayat 13
Alokasi Waktu                : 4 x35    menit ( 2 x pertemuan)

Tujuan Pembelajaran   : 1.  Siswa dapat membaca kata dan kalimat Surah Al Maidah ayat 3 dan Al Hujurat ayat 13 dengan harakat dan makhraj yang benar
                                          2.   Siswa dapat menerapkan hukum bacaan pada Surah Al Maidah ayat 3 dan Al Hujurat ayat 13 dengan benar
                                                             
Karakter siswa yang diharapkan  :  Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur (fairnes).

Materi Pembelajaran    :      Surah Al Maidah ayat 3 dan Al Hujurat ayat 13.

Metode Pembelajaran   : 1. Siswa berlatih membaca kata dan kaliamat Surah Al Maidah ayat 3 dan Al Hujurat ayat 13 dengan harakat dan makhraj yang benar
                                          2.   Siswa mengadakan Tanya jawab dengan teman-temannya membahas hukum bacaan yang ada pada Surah Al Maidah ayat 3 dan Al Hujurat ayat 13
                                          3.   Siswa berlatih menerapkan hukum bacaan pada Surah Al Maidah ayat 3 dan Al Hujurat ayat 13

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1.   Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
F Tadarus bersama surah-surah yang telah dihafal siswa
F Memberikan pengantar tentang bahan ajar yang akan disampaikan (melalui fitur Mutiara Islam)
2.    Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Beberapa siswa membaca Surah Al Maidah ayat 3 dan Surah al Hujurat ayat 13, sedangkan siswa yang lain mendengarkan
F Siswa membaca Surah Al Maidah ayat 3 dan Al Hujurat ayat 13 dengan harakat dan makhraj yang benar mangikuti bacaan guru
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa mengulang-ulang membaca Surah Al Maidah ayat 3 dan Al Hujurat ayat 13
F Siswa diperkenalkan hukum bacaan yang ada pada Surah Al Maidah ayat 3 dan Al Hujurat ayat 13
F Siswa membaca Surah Al Maidah ayat 3 dan Al Hujurat ayat 13 dengan menerapkan hukum bacaan yang benar
F Siswa menampilkan kemampuan membaca Surah Al Qadr dan Al ‘Alaq ayat 1-5 dengan harakat, makhraj, dan hukum bacaan yang benar di depan kelas
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
3.  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru mengadakan Tanya jawab dengan siswa seputar pemahaman siswa tentang hukum bacaan yang ada pada surah yang telah dipelajari
F Siswa diminta menulis Surah Al Maidah ayat 3 dan Surah Al Hujurat ayat 13 di buku tugas

Alat/Sumber belajar:
1.      Teks lafal Surah Al Maidah ayat 3 dan Al Hujurat ayat 13 di karton
2.      Buku Tajwid
3.      Buku Pendidikan Agama Islam.
4.      Alquran (juz Amma)
5.      Pengalaman guru

Penilaian:

Indikator Pencapaian
Target
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Ø  Melafalkan kata  dan kalimat Surah Al Maidah ayat 3 dan Surah Al Hujurat ayat 13

Ø  Membaca sesuai hukum tajwid Surah Al Maidah ayat 3 dan Surah Al Hujurat ayat 13

Tes lisan




Tes lisan
Pelafalan




Pelafalan


Ø  Lafalkan Surah Al Maidah ayat 3 dan Surah Al Hujurat ayat 13 dengan harakat dan makhraj yang benar!
Ø  Lafalkan Surah Al Maidah ayat 3 dan Surah Al Hujurat ayat 13 dengan menerapkan tajwid yang benar!

1.Produk ( hasil diskusi )

No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

2.Performansi

No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1

Mengetahui,
Kepala SD 32 OKU




KAMHARUDIN, S.Pd,MM.Pd
NIP:196507231986121001

Batumarta I, ……………….2014
Guru Pendidikan Agama Islam




AHMAD MAKMUN, S.Pd.I
NIP: 198208172010011019


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                           : SD Negeri 32 OKU
Mata Pelajaran                : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester                : VI/2
Standar Kompetensi       : 6.     Mengartikan surah pendek pilihan
Kompetensi Dasar           : 6.2   Mengartikan QS Al Maidah ayat 3 dan Al Hujurat ayat 13
Alokasi Waktu                : 4 x35    menit ( 2 x pertemuan)

Tujuan Pembelajaran   : 1. Siswa dapat mengartikan kata dan kalimat Surah Al Maidah ayat 3 dan Al Hujurat ayat 13
                                          2.  Siswa dapat menerapkan arti/isi kandungan Surah Al Maidah ayat 3 dan Al Hujurat ayat 13
                                                             
Karakter siswa yang diharapkan  :  Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur (fairnes).

Materi Pembelajaran    :   Surah Al Maidah ayat 3 dan Al Hujurat ayat 13

Metode Pembelajaran   : 1.   Siswa berlatih mengartikan kata dan kalimat Surah Al Maidah ayat 3 dan Al Hujurat ayat 13
                                          2. Siswa mengadakan diskusi dengan teman-temannya membahas arti/isi kandungan Surah Al Maidah ayat 3 dan Al Hujurat ayat 13

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1.   Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
F Tadarus bersama surah-surah yang telah dihafal siswa
F Mengkorelasikan materi sebelumnya dengan bahan ajar yang akan disampaikan
F Menyampaikan pengantar dari materi yang disampaikan melalui kisah dalam Sepenggal Kisah
2.   Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa mendengarkan dan mengamati uraian yang disampaikan oleh guru
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa melafalkan Surah Maidah ayat 3 dan Al Hujurat ayat 13 secara klasikal, kelompok, dan individu
F Siswa diperkenalkan arti kata per kata dan per kalimat Surah Al Maidah ayat 3 dan Al Hujurat ayat 13
F Siswa mengartikan Surah Al Maidah ayat 3 dan Al Hujurat ayat 13 secara klasikal, kelompok dan individu
F  Siswa menampilkan kemampuan mengartikan Surah Al Maidah ayat 3 dan Al Hujurat ayat 13 di depan kelas
F  Siswa mengemukakan pendapat tentang arti/isi pokok Surah Al Maidah ayat 3 dan Al Hujurat ayat 13
F Siswa menghafal Surah Al Maidah ayat 3 dan Al Hujurat ayat 13
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
3.  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa diminta melakukan aktivitas yang ada di halaman
F Siswa diminta menyimpulkan kisah dalam sepenggal Kisah menggunakan bahasa sendiri
F Siswa diminta menyimak bacaan intisari yang dibacakan guru
F Guru memberi tugas siswa untuk mengerjakan latihan yang ada di halaman, dan menulisnya di buku tugas

Alat/Sumber belajar:
  1. Teks lafal Surah Al Maidah ayat 3 dan Al Hujurat ayat 13 beserta artinya di karton
  2. Buku Tajwid
  3. Buku Pendidikan Agama Islam.
  4. Alquran (juz Amma)
  5. Pengalaman guru

Penilaian:
Indikator Pencapaian
Target
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Ø  Mengartikan kata dan kalimat Surah Al Maidah ayat 3 dan Surah al Hujurat ayat 13
Ø  Menerapkan arti/isi kandungan Surah Al Maidah ayat 3 dan Surah Al Hujurat ayat 13
Tes lisan



Tes tulis
Pemaknaan



Essay

Ø  Artikan Surah Al Maidah ayat 3 dan Surah Al Hujurat ayat 13 dengan lengkap!

Ø  Sebutkan isi pokok Surah Al Hujurat ayat 13!

1.Produk ( hasil diskusi )

No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1


2.Performansi

No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1

Mengetahui,
Kepala SD 32 OKU




KAMHARUDIN, S.Pd,MM.Pd
NIP:196507231986121001

Batumarta I, ……………….2014
Guru Pendidikan Agama Islam




AHMAD MAKMUN, S.Pd.I
NIP: 198208172010011019


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                           : SD Negeri 32 OKU
Mata Pelajaran                : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester                : VI/2
Standar Kompetensi       : 7.          Meyakini adanya qada dan qadar
Kompetensi Dasar           : 7.1        Menunjukkan contoh-contoh qada dan qadar
Alokasi Waktu                : 4 x35    menit (2x pertemuan)

Tujuan Pembelajaran   : 1.   Siswa dapat menjelaskan pengertian qada dan qadar
                                          2.    Siswa dapat menyebutkan contoh-contoh qada dan qadar
                                                             
Karakter siswa yang diharapkan  :  Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur (fairnes).

Materi Pembelajaran    :        Iman kepada qada dan qadar.

Metode Pembelajaran   : 1.    Siswa mengadakan diskusi dengan teman-temannnya membahas pengertian qada dan qadar
                                          2.     Siswa berlatih menyebutkan contoh-contoh qada dan qadar

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1.   Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
F Tadarus bersama surah-surah yang telah dihafal siswa
F Meminta pendapat siswa tentang masalah usia, rejeki, dan kematian seseorang.
F Menyampaikan pengantar dari bahan ajar yang disampaikan (melalui fitur Mutiara Islam)
2.   Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa mendengarkan dan menyimak penjelasan guru tentang bahan ajar
F Siswa mengemukakan pendapat tentang definisi qada dan qadar
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa menyebutkan perbedaan qada dan qadar
F Siswa menyebutkan contoh-contoh qada dan qadar dari pengalaman hidup sehari-hari
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
3.  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru mengadakan Tanya jawab dengan siswa seputar penmahaman siswa tentang masalah pengertian qada dan qadar, dan contoh-contohnya.
F Siswa diminta memberi kesimpulan singkat dari materi yang disampaiakan

Alat/Sumber belajar:
1.      Ayat Alquran atau hadis yang berkaitan dengan bahan ajar
2.      Buku Pendidikan Agama Islam.
3.      Buku-buku lain yang relevan
4.      Pengalaman guru
5.      Lingkungan sekitar

Penilaian:

Indikator Pencapaian
Target
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Ø  Menjelaskan pengertian qada’dan qadar
Ø  Menyebutkan contoh-contoh qada’ dan qadar
Tes tulis
Tes tulis
Essay
Pilihan ganda
Ø  Apa yang kamu ketahui mengenai pengertian qada’ dan qadar?
Ø  Ketentuan Allah terhadap hamba-Nya yang dapat berubah disebut…
a. Qada’
b. Qadar
c. Iman
Ø  Menyebutkan manfaat setia kawan
Tes tulis
Jawaban singkat
Ø  Apa saja manfaat yang dapat diambil dari perilaku setia kawan?

1.Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1


2.Performansi

No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1

Mengetahui,
Kepala SD 32 OKU




KAMHARUDIN, S.Pd,MM.Pd
NIP:196507231986121001

Batumarta I, ……………….2014
Guru Pendidikan Agama Islam




AHMAD MAKMUN, S.Pd.I
NIP: 198208172010011019


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                           :      SD Negeri 32 OKU
Mata Pelajaran                :      Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester                :      VI/2
Standar Kompetensi       :      7.      Meyakini adanya Qada dan Qadar
Kompetensi Dasar           :      7.2    Menunjukkan keyakinan terhadap qada dan qadar
Alokasi Waktu                :      4 x 35 menit ( 2x pertemuan)

Tujuan Pembelajaran   : 1.  Siswa dapat menyebutkan cara meyakini adanya qada dan qadar

                                                             
Karakter siswa yang diharapkan  :  Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur (fairnes).
Materi Pembelajaran    : Iman kepada qada dan qadar.

Metode Pembelajaran   : 1. Siswa mengadakan diskusi dengan teman-temannnya membahas cara meyakini adanya qada dan qadar
                                          2.   Siswa berlatih menyebutkan cara meyakini adanya qada dan qadar

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1.   Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
F Tadarus bersama surah-surah yang telah dihafal siswa
F Mengkorelasikan materi sebelumnya dengan bahan ajar yang akan disampaikan
F Menyampaikan pengantar dari bahan ajar yang disampaikan (melalui kisah dalam Sepenggal Kisah)
2.   Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa mendengarkan dan menyimak penjelasan guru tentang bahan ajar
F Siswa diminta memberikan penjelasan tentang definisi qada dan qadar
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa mengemukakan pendapat tentang cara meyakini adanya qada dan qadar
F Siswa  mengemukakan pendapat tentang sikap mereka terhadap adanya qada dan qadar
F Siswa menyebutkan manfaat dari beriman terhadap qadar
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
3.  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa diminta melakukan aktivitas yang ada di halaman
F Siswa diminta menyimpulkan kisah dalam Sepenggal Kisah menggunakan bahasa sendiri
F Siswa diminta menyimak bacaan intisari yang dibacakan guru
F Siswa diminta mengerjakan latihan yang ada di halaman , dan menulisnya di buku tugas
Alat/Sumber belajar:
1.      Ayat Alquran atau hadis yang berkaitan dengan bahan ajar
2.      Buku Pendidikan Agama Islam.
3.      Buku-buku lain yang relevan
4.      Pengalaman guru
5.      Lingkungan sekitar

Penilaian:
Indikator Pencapaian
Target
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Ø  Menyebutkan cara meyakini adanya qada’ dan qadar
Tes tulis
Jawaban singkat
Ø  Bagaimanakah menyikapi qada’ dan qadar Allah SWT?

1.Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

2.Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1

Mengetahui,
Kepala SD 32 OKU




KAMHARUDIN, S.Pd,MM.Pd
NIP:196507231986121001

Batumarta I, ……………….2014
Guru Pendidikan Agama Islam




AHMAD MAKMUN, S.Pd.I
NIP: 198208172010011019


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                           : SD Negeri 32 OKU
Mata Pelajaran                : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester                : VI/2
Standar Kompetensi       : 8.          Menceritakan kisah kaum Muhajirin dan kaum Ansar
Kompetensi Dasar           : 8.1        Menceritakan perjuangan kaum Muhajirin
Alokasi Waktu                : 4 x35 menit (2 x pertemuan)

Tujuan Pembelajaran   : 1.    Siswa dapat menjelaskan kisah perjungan kaum Muhajirin
                                          2.     Siswa dapat menyebutkan usaha-usaha kaum Muhajirin
                                                             
Karakter siswa yang diharapkan  :  Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur (fairnes).

Materi Pembelajaran    :        Kisah kaum Muhajirin dan Ansar.

Metode Pembelajaran   : 1.    Siswa berlatih menceritakan kembali kisah kaum Muhajirin
                                          2.     Siswa mengadakan diskusi dengan teman-temannya membahas kisah perjuangan kaum Muhajirin
                                          3.     Siswa berlatih menyebutkan usaha-usaha kaum Muhajirin

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1.   Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
F Tadarus bersama surah-surah yang telah dihafal siswa
F Memberikan pertanyaan kepada siswa yang mengetahui kisah hijrahnya Nabi Muhammad SAW
F Menyampaikan pengantar dari bahan ajar yang disampaikan (melalui fitur Mutiara Islam)
2.   Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa mendengarkan dan menyimak penjelasan guru tentang bahan ajar
F Beberapa siswa diminta membacakan kisah kaum Muhajirin, sedangkan siswa yang lain mendengarkan
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa diminta menceritakan kembali kisah kaum Muhajirin menggunakan bahasa sendiri
F Siswa  mengemukakan pendapat kisah perjuangan kaum Muhajirin bersama Rasulullah SAW
F Siswa menyebutkan usaha-usaha kaum Muhajirin
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
3.  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa diminta menulis dengan singkat kisah perjuangan kaum Muhajirin di buku tugas
F Guru membacakan kesimpulan ringkas dari materi yang disampaikan

Alat/Sumber belajar:
1        Teks kisah kaum Muhajirin
2        Buku Pendidikan Agama Islam
3        Buku kisah-kisah Islami
4        Alquran (juz Amma)
5        Pengalaman guru

Penilaian:
Indikator Pencapaian
Target
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Ø  Menjelaskan kisah perjuangan kaum Muhajirin

Ø  Menyebutkan usaha-usaha kaum Muhajirin

Tes tulis


Tes tulis
Essay


Jawaban singkat
Ø  Apa yang mendasari kaum Muahajirin hijrah dari kota Mekah?
Ø  Bagaimana usaha kaum Muahajirin untuk melindungi Rasulullah SAW dari kejaran kafir Quraisy?

1.Produk ( hasil diskusi )

No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

2.Performansi

No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1


Mengetahui,
Kepala SD 32 OKU




KAMHARUDIN, S.Pd,MM.Pd
NIP:196507231986121001

Batumarta I, ……………….2014
Guru Pendidikan Agama Islam




AHMAD MAKMUN, S.Pd.I
NIP: 198208172010011019


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                           : SD Negeri 32 OKU
Mata Pelajaran                : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester                : VI/2
Standar Kompetensi       : 8.          Menceritakan kisah kaum Muhajirin dan kaum Ansar
Kompetensi Dasar           : 8.2        Menceritakan perjuangan kaum Ansar
Alokasi Waktu                : 4 x35    menit (2 x pertemuan)

Tujuan Pembelajaran   : 1.   Siswa dapat menjelaskan kisah perjungan kaum Ansar
                                          2.    Siswa dapat menyebutkan usaha-usaha kaum Ansar
                                                             
Karakter siswa yang diharapkan  :  Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur (fairnes).

Materi Pembelajaran    :       Kisah kaum Muhajirin dan Ansar

Metode Pembelajaran   : 1.   Siswa berlatih menceritakan kembali kisah kaum Ansar
                                          2.    Siswa mengadakan diskusi dengan teman-temannya membahas kisah perjuangan kaum Ansar
                                          3.    Siswa berlatih menyebutkan usaha-usaha kaum Ansar

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1.   Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
F Mengkorelasikan materi sebelumnya dengan bahan ajar yang akan disampaikan
F Memberikan pertanyaan kepada siswa yang mengetahui kisah hijrahnya Nabi ke Madinah
F Menyampaikan pengantar dari bahan ajar yang disampaikan (melalui kisah dalam Sepenggal Kisah)
2.   Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa mendengarkan dan menyimak penjelasan guru tentang bahan ajar
F Beberapa siswa diminta membacakan kisah kaum Ansar, sedangkan siswa yang lain mendengarkan
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa diminta menceritakan kembali kisah kaum Ansar menggunakan bahasa sendiri
F Siswa  mengemukakan pendapat kisah perjuangan kaum Ansar menolong Rasulllah SAW dan kaum Muhajirin
F Siswa menyebutkan usaha-usaha kaum Ansar dalam mewujudkan persaudaraan dengan kaum Muhajirin
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
3.  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa diminta melakukan aktivitas yang ada di halaman
F Siswa memberikan kesimpulan kisah dari Sepenggal Kisah menggunakan bahasa sendiri
F Siswa menyimak dan memahami bacaan intisari yang dibacakan guru
F Siswa diminta mengerjakan latihan yang ada di halaman, dan menulisnya di buku tugas

Alat/Sumber belajar:
1        Teks kisah kaum Ansar
2        Buku Pendidikan Agama Islam.
3        Buku kisah-kisah Islami
4        Alquran (juz Amma)
5        Pengalaman guru

Penilaian:
Indikator Pencapaian
Target
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Ø  Menjelaskan kisah perjuangan kaum Ansar


Ø  Menyebutkan usaha-usaha kaum Ansar
Tes tulis


Tes tulis
Essay


Jawaban singkat
Ø  Bagaiman sambutan kaum Ansar terhadap Rasulullah SAW dan rombongannya ketika datang ke Madinah?
Ø  Apa usaha yang dilakukan kaum Ansar untuk menciptakan ukhuwah Islamiyah dengan kaum Muhajirin?

1.Produk ( hasil diskusi )

No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1





2.Performansi

No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1

Mengetahui,
Kepala SD 32 OKU




KAMHARUDIN, S.Pd,MM.Pd
NIP:196507231986121001

Batumarta I, ……………….2014
Guru Pendidikan Agama Islam




AHMAD MAKMUN, S.Pd.I
NIP: 198208172010011019





























1 komentar: